Tren Teknologi Informasi di Masa Mendatang dari Aspek Pendidikan, Kesehatan, Transportasi, dan Dunia Kerja
Menurut penuturan Kevin Zhang, CMO Huawei ICT
Infrastructure “Manusia tak akan pernah berhenti bereksplorasi. Kita perlu
melihat jauh ke depan dan beralih dari ‘giat berinovasi’ menjadi ‘gigih
mencipta’. Perubahan cepat akan terjadi
dalam kehidupan manusia, budaya kerja, dan dalam kehidupan bermasyarakat,
seiring makin tingginya pengadopsian teknologi AI, 5G, komputasi awan, serta
sejumlah teknologi berkembang lainnya.”
Kemauan dan kebutuhan yang terus bertambah dan
berubah membuat manusia tidak puas akan apa yang ada saat ini. Ditambah lagi
adanya kamajuan informasi dan dunia keilmuan yang mendorong kita untuk
berkembang ke arah yang semakin baik.
Maka saat ini saya akan menjelaskan bagaimana
tren teknologi informasi di masa mendatang dari beberapa aspek penting dalam
kehidupan yaitu aspek pendidika, kesehatan, transportasi dan aspek dunia kerja.
A. Pendidikan
Menurut Microsoft, berikut ada empat
tren teknologi yang akan mendorong perubahan dan membentuk pendidikan dimasa
depan
1.
AI
akan menjadi asisten yang tidak terpisahkan bagi para pendidik. Dengan
kemampuan “kognitif” AI untuk mempelajari dan memecahkan masalah, sehingga AI
dapat membantu para pendidik untuk melakukan model pengajaran yang berfokus
pada siswa. AI dapat membantu mengumpulkan dan memproses data untuk menentukan
rekomendasi metode pengajaran yang paling tepat untuk setiap siswa. Misalnya,
siswa dengan latar belakang bahasa yang berbeda dapat menggunakan inovasi
Presentation Translator, fitur dari powerpoint yang bisa menerjemahkan secara
real-time. Meski demikian, pendidik tidak bisa mengabaikan kekuatan manusia,
seperti empati, imajinasi serta semangat.
2.
Analisis
pembelajaran akan mendorong personalisasi metode pembelajaran. Analisis
pembelajaran digunakan untuk memberikan informasi untuk institusi pendidikan
untuk menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka berdasarkan data dan wawasan
yang ada. Misalnya, bila data mengindikasikan kelemahan seorang siswa adalah
pada mata pelajaran tertentu, maka pendidik bisa memformulasikan rencana
pengajaran secara lebih efektif. Dengan informasi yang bisa didapatkan dengan
cepat dan mudah, khususnya data yang tidak bisa diidentifikasi hanya dari
pengalaman semata, proses membentuk sistem pendidikan akan bergerak ke arah
dimana analisis pembelajaran akan berpengaruh besar.
3.
Pembelajaran
mendalam (immersive learning) akan mendapatkan momentum lebih. Kehadiran
virtual reality (realitas virtual– VR) dan augmented reality (realitas
tertambah – AR) tahun lalu, Microsoft menawarkan mixed reality (MR) headsets
baru dengan inovasi pengurangan jumlah sensor yang diperlukan untuk menciptakan
sebuah pembelajaran mendalam. Sekolah juga dapat menggunakan lab virtual dan
memberikan simulasi eksplorasi yang realistis, namun sekaligus juga
menstimulasi imajinasi untuk keterlibatan siswa yang lebih dalam. Manfaat dari
pembelajaran mendalam tidak hanya dirasakan oleh siswa. simSchool, sebuah
perangkat pelatihan guru berbasis simulasi telah mendukung para pendidik selama
lebih dari 10 tahun. Melalui skenario ruang kelas virtual, yang dilengkapi
dengan profil dan tugas siswa yang unik, pendidik dapat mempelajari kompetensi,
misalnya manajemen ruang kelas, yang tidak bisa diajarkan dengan metode
pengajaran konvensional.
4.
STEAM
akan terus menghasilkan inovasi baru. STEAM – Science (Sains), Technology
(Teknologi), Engineering (Teknik), Arts (Seni), dan Math (Matematika) – akan
terus bertumbuh. Pendidikan STEAM dibutuhkan tidak hanya semata-mata untuk masa
depan siswa, namun juga untuk masa depan negara. Seni (Arts) ditambahkan dalam
kerangka STEM sebelumnya untuk mendorong inovasi sesungguhnya, dengan
menggabungkan antara pemikiran ahli sains atau teknologi dengan kemampuan
seniman atau desainer. Perbedaan antara STEM dan STEAM adalah bila STEM secara
jelas fokus pada konsep ilmiah, sedangkan STEAM tidak hanya mengedepankan
konsep ilmiah, namun mendasarkan konsep ilmiahnya melalui metode pembelajaran
yang berbasis pertanyaan dan permasalahan. STEAM akan membantu siswa untuk
memecahkan permasalahan masa depan dengan kreativitas dan empati yang
didapatkan dari pendidikan yang praktis dan relevan.
Menghadapi kecanggihan teknologi, di
banyak ruang kelas saat ini, dapat dikatakan bahwa peran guru atau dosen sudah
mulai bergeser dengan istilah "guide on the side" memandu dari
samping", yakni ketika siswa mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk
pembelajaran mereka sendiri menggunakan teknologi untuk mengumpulkan informasi
yang relevan.
Berikut adalah beberapa teknologi
masa depan dalam pembelajaran yaitu :
1.
Social
media in education
Media sosial dalam
pendidikan - memungkinkan pelajar dan pendidik untuk memposting pemikiran, ide,
dan komentar dalam lingkungan pembelajaran yang interaktif.
2.
Simulasi
dan Model yang lebih baik
Simulasi dan model
digital dapat membantu guru menjelaskan konsep yang terlalu besar atau terlalu
kecil untuk ditunjukkan dalam kelas. Simulasi lain yang dikembangkan organisasi
termasuk perangkat lunak yang memungkinkan siswa untuk bereksperimen dengan
rumah kaca virtual untuk memahami evolusi, perangkat lunak yang membantu siswa
memahami fisika efisiensi energi dengan merancang rumah model, dan simulasi
bagaimana elektron berinteraksi dengan materi.
3.
Pembelajaran
Global
Di situs seperti
Glovico.org, siswa dapat mengatur pelajaran bahasa dengan penutur asli yang
tinggal di negara lain dan menghadiri pelajaran melalui Skype, hangout, dll.
4.
Database
siswa dan penilaian yang lebih efisien
Guru dapat melacak
kemajuan individu dan dapat mengumpulkan data penilaian real-time dari siswa
mereka. Ketika guru memberikan tugas, dia dapat melihat seberapa jauh siswa
berada, berapa banyak waktu yang dihabiskan masing-masing untuk setiap
pertanyaan, dan apakah jawaban mereka benar.
5.
E-books, Buku teks interaktif
Buku digital dalam
bentuk PDF itu semua digital. Buku teks saat ini sering memiliki situs berbasis
web yang mencakup penilaian, animasi, materi tambahan, video, dan materi lain
untuk mendukung pembelajaran konten baru. Era digital memungkinkan murid
mengakses pengetahuan secara cepat.
6.
Epistemic
Games
Simulasi game, seperti
komersial yang menempatkan siswa dalam peran seperti perencana kota, jurnalis,
atau insinyur dan meminta mereka untuk memecahkan masalah dunia nyata.
7.
Komunitas
kelas yang diperluas
Guru dan siswa dapat
menggunakan platform berbasis web untuk mendiskusikan pekerjaan rumah,
memposting tugas, dan berinteraksi dengan teman sebaya saat mereka mengerjakan proyek.
8.
Fleksibilitas
dan pembelajaran online
Sekarang mudah bagi
siapa saja untuk belajar dengan langkah mereka sendiri. Pembelajaran online
berarti bahwa orang dapat belajar dengan kecepatan yang bervariasi, tergantung
pada kemampuan mereka dan jumlah waktu yang mereka bersedia curahkan untuk
usaha pembelajaran mereka.
9.
Membuat
pembelajaran menjadi menyenangkan lagi
Guru kini dapat
menggunakan video, animasi, dan bentuk konten lain untuk meningkatkan proses
pembelajaran. Saat ini, dengan bantuan teknologi.
10.
Video
Game
Simulasi masalah
kehidupan nyata, video game dapat membawa perubahan perilaku pada siswa dengan
membuat mereka lebih berorientasi pada tujuan. Model permainan tidak hanya
menyediakan berbagai informasi tetapi juga memulai siswa untuk menjadi pemecah
masalah.
11.
Pembelajaran
Seumur Hidup
Masa depan teknologi
dalam pendidikan juga tentang merevolusi pendidikan dengan menormalkan
pembelajaran seumur hidup. Pembelajaran online adalah cara hebat untuk
memfasilitasi masyarakat yang digerakkan oleh pengetahuan saat ini dan tuntutan
berkelanjutan untuk pengembangan profesional berkelanjutan.
12.
Kelas
tersedia online + live streaming
Sekolah dapat membuat
saluran pribadi dan mengunggah video kelas di youtube, sehingga siswa yang
sakit, dapat menontonnya dari rumah dan mengajukan pertanyaan secara real time.
13.
Bedakan
tugas untuk menyesuaikan gaya belajar pribadi siswa
Para pendidik perlu
menetapkan proyek seperti "menulis laporan buku menggunakan MS Word"
atau "membuat tayangan slide di PowerPoint". Sekarang, siswa menerima
tugas "buku laporan" dan membuat tekad mereka sendiri tentang cara
terbaik untuk mengomunikasikan pikiran mereka, baik itu audio, visual,
tertulis, musikal, video, artistik.
B. Kesehatan
Masa depan dunia kesehatan tidak lepas
dari teknologi digital. Kemajuan teknologi yang begitu pesat berdampak juga
pada bidang kesehatan. Perkembangan teknologi berperan membantu para dokter dan
praktisi kesehatan membangun mutu perawatan kesehatan yang lebih baik. Berikut
adalah beberapa contoh tren teknologi kesehatan yang akan terdapat di masa
depan:
1.
Artificial
Intelligence. Algoritma AI memudahkan pasien mendapatkan pelayanan dan bantuan
medis secara cepat dan tepat. Begitu juga bagi tenaga medis, AI berperan
mempercepat penanganan pasien, membantu menganalisa penyakit, bahkan meresepkan
obat yang sesuai untuk pasien.
2.
Virtual
Reality. Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang dapat menghadirkan
lingkungan rill secara maya. Teknologi ini sangat berguna karena dokter dapat
melakukan pemeriksaan pada pasien tanpa harus bertatap wajah. Tentunya hal ini
sangat bermanfaat karena dapat menghemat waktu dan lebih efisien. Dalam bidang
kesehatan, VR dimanfaatkan sebagai alat simulasi operasi bagi para calon
dokter, selain itu juga dapat membantu dokter menentukan lokasi pembedahan pada
tubuh pasien.
3.
Augmented
Reality. Augmented reality sering digunakan saat dokter melakukan pemeriksaan
sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang dapat memberikan gambaran
kepada ahli bedah tentang anatomi internal pasien.
4.
Healthcare
trackers, wearables, sensors. Penggunaan healthcare trackers, wearables dan
sensor yang biasa digunakan sehari-hari membantu pengguna memonitor
kesehatannya secara mandiri. Teknologi ini dapat mengirim kondisi kesehatan
seseorang seperti detak jantung, tekanan darah hingga kadar gula dalam darah.
Informasi ini dapat diakses dengan sebuah aplikasi di smartphone atau
device-device lain.
5.
Pengurutan
genome. Teknologi pengurutan genome digunakan untuk mengetahui informasi
mendasar tentang tubuh manusia meliputi kepekaan obat, kondisi medis
multifaktorial atau monogenik dan mampu melihat riwayat medis keluarga.
Data-data ini dapat digunakan untuk menentukan perawatan dan pengobatan yang
efektif dan efisien untuk pasien.
6.
Robotik.
Perkembangan teknologi robot merambah dunia kesehatan. Saat ini sudah ada
sejumlah robot yang sengaja dibuat untuk memudahkan dokter mendeteksi,
mengobati penyakit dan membantu merawat pasien. Mulai dari robot companions
hingga robot bedah yang dapat digunakan untuk menjangkau bagian dalam tubuh
manusia yang sulit dijangkau. Robot bedah tersebut berukuran sangat kecil dan
dapat dikendalikan dengan menggunakan controller sehingga meminimalisir bahaya
bagi pasien. Robot juga nantinya dapat diprogram untuk menyerang sel sel
penyakit dengan melalui aliran darah pada tubuh. Robot ini memiliki berbagai
fungsi seperti membantu terapi berjalan, mengobati masalah kesehatan mental
hingga mengingatkan waktu minum obat. Robot-robot ini ditanami sensor sentuh,
kamera dan mikrofon untuk memaksimakan fungsinya. Beberapa contoh robot dalam
dunia kesehatan adalah Jibo, Pepper, Paro dan Buddy.
7.
3D-printing.
3D printing dalam dunia kesehatan digunakan untuk mencetak jaringan hingga
membuat kulit sintetis dan orang-orang dapat membuat bagian-bagian tubuh
seperti kaki atau tangan sebagai pengganti bagian tubuh yang telah rusak dan
terpaksa diamputasi.
C. Transportasi
Kemajuan teknologi kian hari semakin
pesat perkembangannya. Hal tersebut membuat hampir semua aspek kehidupan
manusia menjadi terbantu dengan adanya teknologi modern, seperti dalam dunia
transportasi. Begitu juga halnya dengan transportasi, semakin tahun makin
inovatif dengan segudang fitur canggih. Berikut ini lima transportasi masa
depan tercanggih.
1.
Driverless
Car
Salah satu perusahaan
yang tengah gencar dengan transportasi masa depan, adalah Google. Ide mereka
adalah membuat kendaraan yang tak perlu dikendarai. Dengan menggunakan software
canggih, sebuah mobil dapat berkendara secara otomatis tanpa perlu
dikendalikan, atau yang disebut Driverless Car. Tak hanya Google, dari para
pihak perusahaan otomotif juga tengah mengembangkan hal ini. Menurut perkiraan,
mobil-mobil canggih ini akan beredar pada tahun 2020.
2.
Electric
Plane
Tak hanya mobil ataupun
kereta yang tengah ramai mengembangkan Eco Friendly Transportation atau yang
disebut dengan kendaraan ramah lingkungan. Perusahaan pesawat Airbus juga
tengah mengembangkan pesawat yang lebih cepat, lebih irit tenaga, dan ramah
lingkungan, di mana nantinya pesawat akan ditenagai dengan baterai dan solar
panel. Diperkirakan pesawat ini akan siap digunakan pada tahun 2050 nanti.
3.
Hyperloop
Jika baru akhir-akhir
ini Indonesia tengah ramai dengan perbincangan pembangunan kereta cepat ala
negara maju, ternyata perusahaan Tesla sudah melangkah lebih jauh. Mereka
tengah mengembangkan Hyperloop nama untuk kereta super cepat buatan mereka. Konsepnya
mirip dengan kereta api, bedanya Hyperloop akan menggunakan tabung sebagai
pengganti rel. Kereta ini bahkan dapat mencapai kecepatan dua kali lipat kereta
cepat, yaitu sekitar 1.000 Km per jam. Jika pengembangannya lancar, kereta ini
dipastikan sudah dapat beroperasi pada tahun 2020.
4.
Space
Rocket
Masih ingat dengan
Asgardia? Benar, proyek tempat tinggal di angkasa ini benar-benar banyak
peminatnya. Inilah juga salah satu acuan bagi para perusahaan besar untuk
membuat pesawat luar angkasa komersil. Percobaan telah beberapa kali dilakukan
dalam pengembangannya. Menurut sebuah informasi, pesawat luar angkasa komersil
akan siap beroperasi pada tahun 2018 ini.
5.
Car
Size Drone
Tren Drone Camera
ternyata banyak menginspirasi teknologi lainnya, begitu juga dengan
transportasi. Salah satunya adalah perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, Ehang,
mengembangkan drone yang dapat digunakan menjadi kendaraan untuk manusia. Dalam
event CES 2016, Ehang memperkenalkan Ehang 184, prototipe drone yang dapat
ditumpangi manusia. Hebatnya penumpang cukup memasukkan tujuan, Ehang 184 akan
secara otomatis menuju tempat yang dituju.
A. Dunia Kerja
Dalam beberapa tahun kedepan jumlah
peran unutk pekerjaan kantor, adminitrasi, manufaktur dan produksi menurut para
ahli akan mulai menurun dan memperkirakan 6 juta peran akan hilang. Namun,
peran bisnis dan keuangan bersama dengan komputasi dan peran matematika
diperkirakan akan meningkat jumlahnya. Menusia tidak harus keluar dari pekerjaan,
tetapi mereka mungkin mendapati diri mereka melakukan 2 atau lebih profesi yang
berbeda. Diperkirakan bahwa 65% anak-anak di bawah usia 11 tahun hari ini akan
bekerja di perkerjaan yang belum di ciptakan sekarang. Namun itu tidak selalu merupakan
hal yang buruk, karena komputer di atur untuk mengambil alih banyak tugas yang
saat ini masih dilakukan manusia.
Semakin banyak perkerjaan yang mulai diotomatisasi, misalnya adalah mesin pemindai mandiri yang telah diterapkan di beberapa supermarket, dan dalam waktu dekat muncul mobil tanpa pengemudi menjadi hal yang biasa, sehingga pengemudi mobil tidak dibutuhkan lagi perkerjaannya. Diperkirakan robot dapat menggantikan 40-75 juta peran pada tahun 2025.
Pekerjaan yang mungkin akan hilang karena adanya
AI adalah layanan pelanggan, admin keuangan, dan lain-lain. Bahkan saat ini di
beberapa negara, orang dapat menggunakan pengacara robot untuk nasihat hukum
dasar. Ada banyak argumen yang menyatakan robot dan AI akan menciptakan pekerjaan
serta menghilangkan pekerjaan untuk manusia. Namun, menurut orang yang pro-AI
menyatakan bahwa robot akan mengambil alih pekerjaan yang membosankan dan dapat
dilakukan secara otomatis, sehingga manusia dapat melakukkan peran atau
pekerjaan yang lebih penting.
Beberapa pekerjaan kreatif dikomodifikasi, dan meskipun tidak sepenuhnya diambil alih oleh robot dan teknologi, komodifikasi membuat prosesnya mudah bagi orang yang tidak trampil untuk melakukan pekerjaan yang sama. Perusahaan seperti Wix dan Canva adalah contoh yang bagus untuk ini.
Wix adalah perangkat lunak pengembangan situs web yang memudahkan siapa pun untuk membangun situs web. Meskipun ada beberapa batasan untuk cakupannya saat ini, yang berarti bahwa banyak profesional masih menyukai desainer web tradisional, itu mungkin berkembang dan berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Ini adalah contoh penting tentang bagaimana teknologi akan mengubah masa depan pekerjaan dan tren tempat kerja di masa depan, karena orang-orang yang sangat terampil mungkin merasa peran mereka berlebihan.
Canva adalah perangkat lunak desain grafis. Template yang dapat diakses pengguna memudahkan siapa pun untuk mendesain grafis, berpotensi menempatkan desainer grafis profesional keluar dari pekerjaan. Perusahaan tidak mungkin membayar seorang profesional eksternal untuk membuat grafik untuk mereka ketika seseorang di rumah dapat melakukannya sebagai bagian dari pekerjaan mereka.
Demikian pula, perusahaan seperti Uber dan
Airbnb menyediakan pekerjaan atau setidaknya penghasilan tambahan untuk siapa
pun yang memiliki mobil atau kamar cadangan.
Diperkirakan bahwa pada tahun 2025, 540 juta pekerja akan menggunakan situs web seperti Elance atau Freelancer untuk mencari pekerjaan. Lapisan demi lapisan pekerja kantoran sedang dilucuti, karena seringkali lebih murah untuk lebih produktif untuk mencari pekerjaan ini dari jarak jauh. Di masa depan, ini mungkin melihat jatuhnya kota-kota besar karena mereka tidak lagi diperlukan. Kantor bisa menjadi entitas virtual, dengan orang-orang yang bekerja dari komputer mereka di lokasi di seluruh dunia.
Alasan lain mengapa karyawan yang bekerja dari
jarak jauh baik bagi pengusaha adalah bahwa, rata-rata, pekerja jarak jauh
lebih bahagia daripada bukan jarak jauh. CEO Zapier membayar $10.000 kepada
karyawannya di San Francisco untuk membujuk mereka agar bekerja dari jarak jauh
dan mengklaim bahwa hal itu telah membantunya menciptakan bisnis senilai $ 20
juta. Meskipun tidak semua orang akan memiliki tampilan interaktif di rumah
mereka, menggunakannya di kantor untuk melibatkan pekerja jarak jauh,
memastikan mereka merasa menjadi bagian dari percakapan melalui aplikasi
kolaborasi video berbasis cloud.
4. Bekerja Bersama
Pekerjaan jarak jauh tidak selalu berarti hanya
bekerja dari rumah, juga, banyak orang mendapatkan energi kerja dari berada di
sekitar orang. Ruang kerja bersama bermunculan di seluruh dunia dan bagus untuk
freelancer dan pekerja jarak jauh. Sementara ruang kerja bersama merujuk pada orang-orang
yang bekerja secara fisik bersama dalam proyek yang berbeda, istilah ini dapat
digunakan untuk menggambarkan mereka yang bekerja online untuk proyek yang
sama. Google Drive adalah alat kerja sama populer yang sudah digunakan secara
luas. Dengan pengeditan waktu nyata, komentar dan saran, sangat mudah digunakan
dan sudah biasa di banyak kantor di seluruh dunia. Bisa dibilang, ini lebih
efektif daripada banyak orang berkerumun di satu komputer atau proyektor. Ada
banyak tren kolaborasi perusahaan yang menciptakan atmosfir kantor bersama di
tempat kerja masa depan. Slack adalah contoh yang bagus dari tren teknologi di
tempat kerja yang bertindak sebagai alat brainstorming virtual(menyatakan
pendapat secara maya), dengan cepat mendapatkan popularitas di tempat kerja. Menggunakan
tampilan interaktif saat bekerja bersama sangat meningkatkan produktivitas.
Tampilan yang berbeda dapat dihubungkan, artinya sekelompok orang di lokasi
yang berbeda dapat mengerjakan hal yang sama.
Bagi mereka yang masih dalam peran pekerjaan dan kantor fisik, tampilan tempat kerja dapat berubah secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Beberapa contoh teknologi baru di tempat kerja seperti pengisian daya ponsel nirkabel dan peningkatan tampilan interaktif yang terus-menerus akan secara signifikan mengubah suasana.
Tempat kerja masa depan akan fokus pada
kolaborasi bisnis dan memiliki lebih sedikit ruang kerja dengan tempat kerja
yang lancar . Itu akan berada di suatu tempat di mana sekelompok orang dapat
dengan mudah berkumpul untuk menyusun rencana bisnis dan menyelesaikan masalah.
Di sinilah tampilan interaktif sangat penting, untuk membantu orang memetakan
ide dan mencapai solusi dengan cepat dan efektif. Lebih banyak perangkat
diharapkan mulai menggunakan kontrol suara seperti Siri atau Alexa dan pesan
instan di kantor akan menjadi lebih umum. Augmented reality dan virtual juga
akan mendapat tempat dalam bisnis global, dan kantor akan menjadi lebih global;
hambatan waktu, ruang dan tempat akan dihilangkan.
Daftar Pustaka
- https://news.microsoft.com/id-id/2018/11/25/tren-teknologi-dorong-pendidik-inovatif-untuk-membuat-perubahan-digital-di-ruang-kelas/
- https://www.kompasiana.com/inyoman3907/5b3a378dcf01b430e232ffa2/masa-depan-teknologi-dalam-pendidikan
- https://www.digination.id/read/012137/10-teknologi-kesehatan-masa-depan
- https://www.kompasiana.com/dharmauntad/5d95fe85097f365b0b1e3972/perkembangan-teknologi-dalam-bidang-kesehatan
- https://www.liputan6.com/citizen6/read/3224930/tahun-2030-5-transportasi-masa-depan-ini-bisa-digunakan
- https://www.avocor.com/blog/how-future-trends-in-technology-will-affect-the-workplace/
Komentar
Posting Komentar