Tren Teknologi Informasi di Masa Mendatang dari Aspek Pendidikan, Kesehatan, Transportasi, dan Dunia Kerja

Menurut penuturan Kevin Zhang, CMO Huawei ICT Infrastructure “Manusia tak akan pernah berhenti bereksplorasi. Kita perlu melihat jauh ke depan dan beralih dari ‘giat berinovasi’ menjadi ‘gigih mencipta’.  Perubahan cepat akan terjadi dalam kehidupan manusia, budaya kerja, dan dalam kehidupan bermasyarakat, seiring makin tingginya pengadopsian teknologi AI, 5G, komputasi awan, serta sejumlah teknologi berkembang lainnya.”
Kemauan dan kebutuhan yang terus bertambah dan berubah membuat manusia tidak puas akan apa yang ada saat ini. Ditambah lagi adanya kamajuan informasi dan dunia keilmuan yang mendorong kita untuk berkembang ke arah yang semakin baik.
Maka saat ini saya akan menjelaskan bagaimana tren teknologi informasi di masa mendatang dari beberapa aspek penting dalam kehidupan yaitu aspek pendidika, kesehatan, transportasi dan aspek dunia kerja.

A.     Pendidikan

Menurut Microsoft, berikut ada empat tren teknologi yang akan mendorong perubahan dan membentuk pendidikan dimasa depan
1.     AI akan menjadi asisten yang tidak terpisahkan bagi para pendidik. Dengan kemampuan “kognitif” AI untuk mempelajari dan memecahkan masalah, sehingga AI dapat membantu para pendidik untuk melakukan model pengajaran yang berfokus pada siswa. AI dapat membantu mengumpulkan dan memproses data untuk menentukan rekomendasi metode pengajaran yang paling tepat untuk setiap siswa. Misalnya, siswa dengan latar belakang bahasa yang berbeda dapat menggunakan inovasi Presentation Translator, fitur dari powerpoint yang bisa menerjemahkan secara real-time. Meski demikian, pendidik tidak bisa mengabaikan kekuatan manusia, seperti empati, imajinasi serta semangat.
2.     Analisis pembelajaran akan mendorong personalisasi metode pembelajaran. Analisis pembelajaran digunakan untuk memberikan informasi untuk institusi pendidikan untuk menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka berdasarkan data dan wawasan yang ada. Misalnya, bila data mengindikasikan kelemahan seorang siswa adalah pada mata pelajaran tertentu, maka pendidik bisa memformulasikan rencana pengajaran secara lebih efektif. Dengan informasi yang bisa didapatkan dengan cepat dan mudah, khususnya data yang tidak bisa diidentifikasi hanya dari pengalaman semata, proses membentuk sistem pendidikan akan bergerak ke arah dimana analisis pembelajaran akan berpengaruh besar.
3.     Pembelajaran mendalam (immersive learning) akan mendapatkan momentum lebih. Kehadiran virtual reality (realitas virtual– VR) dan augmented reality (realitas tertambah – AR) tahun lalu, Microsoft menawarkan mixed reality (MR) headsets baru dengan inovasi pengurangan jumlah sensor yang diperlukan untuk menciptakan sebuah pembelajaran mendalam. Sekolah juga dapat menggunakan lab virtual dan memberikan simulasi eksplorasi yang realistis, namun sekaligus juga menstimulasi imajinasi untuk keterlibatan siswa yang lebih dalam. Manfaat dari pembelajaran mendalam tidak hanya dirasakan oleh siswa. simSchool, sebuah perangkat pelatihan guru berbasis simulasi telah mendukung para pendidik selama lebih dari 10 tahun. Melalui skenario ruang kelas virtual, yang dilengkapi dengan profil dan tugas siswa yang unik, pendidik dapat mempelajari kompetensi, misalnya manajemen ruang kelas, yang tidak bisa diajarkan dengan metode pengajaran konvensional.
4.     STEAM akan terus menghasilkan inovasi baru. STEAM – Science (Sains), Technology (Teknologi), Engineering (Teknik), Arts (Seni), dan Math (Matematika) – akan terus bertumbuh. Pendidikan STEAM dibutuhkan tidak hanya semata-mata untuk masa depan siswa, namun juga untuk masa depan negara. Seni (Arts) ditambahkan dalam kerangka STEM sebelumnya untuk mendorong inovasi sesungguhnya, dengan menggabungkan antara pemikiran ahli sains atau teknologi dengan kemampuan seniman atau desainer. Perbedaan antara STEM dan STEAM adalah bila STEM secara jelas fokus pada konsep ilmiah, sedangkan STEAM tidak hanya mengedepankan konsep ilmiah, namun mendasarkan konsep ilmiahnya melalui metode pembelajaran yang berbasis pertanyaan dan permasalahan. STEAM akan membantu siswa untuk memecahkan permasalahan masa depan dengan kreativitas dan empati yang didapatkan dari pendidikan yang praktis dan relevan.
Menghadapi kecanggihan teknologi, di banyak ruang kelas saat ini, dapat dikatakan bahwa peran guru atau dosen sudah mulai bergeser dengan istilah "guide on the side" memandu dari samping", yakni ketika siswa mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri menggunakan teknologi untuk mengumpulkan informasi yang relevan.
Berikut adalah beberapa teknologi masa depan dalam pembelajaran yaitu :
1.     Social media in education
Media sosial dalam pendidikan - memungkinkan pelajar dan pendidik untuk memposting pemikiran, ide, dan komentar dalam lingkungan pembelajaran yang interaktif.
2.     Simulasi dan Model yang lebih baik
Simulasi dan model digital dapat membantu guru menjelaskan konsep yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk ditunjukkan dalam kelas. Simulasi lain yang dikembangkan organisasi termasuk perangkat lunak yang memungkinkan siswa untuk bereksperimen dengan rumah kaca virtual untuk memahami evolusi, perangkat lunak yang membantu siswa memahami fisika efisiensi energi dengan merancang rumah model, dan simulasi bagaimana elektron berinteraksi dengan materi.
3.     Pembelajaran Global
Di situs seperti Glovico.org, siswa dapat mengatur pelajaran bahasa dengan penutur asli yang tinggal di negara lain dan menghadiri pelajaran melalui Skype, hangout, dll.
4.     Database siswa dan penilaian yang lebih efisien
Guru dapat melacak kemajuan individu dan dapat mengumpulkan data penilaian real-time dari siswa mereka. Ketika guru memberikan tugas, dia dapat melihat seberapa jauh siswa berada, berapa banyak waktu yang dihabiskan masing-masing untuk setiap pertanyaan, dan apakah jawaban mereka benar.
5.     E-books, Buku teks interaktif
Buku digital dalam bentuk PDF itu semua digital. Buku teks saat ini sering memiliki situs berbasis web yang mencakup penilaian, animasi, materi tambahan, video, dan materi lain untuk mendukung pembelajaran konten baru. Era digital memungkinkan murid mengakses pengetahuan secara cepat.
6.     Epistemic Games
Simulasi game, seperti komersial yang menempatkan siswa dalam peran seperti perencana kota, jurnalis, atau insinyur dan meminta mereka untuk memecahkan masalah dunia nyata.
7.     Komunitas kelas yang diperluas
Guru dan siswa dapat menggunakan platform berbasis web untuk mendiskusikan pekerjaan rumah, memposting tugas, dan berinteraksi dengan teman sebaya saat mereka mengerjakan proyek.
8.     Fleksibilitas dan pembelajaran online
Sekarang mudah bagi siapa saja untuk belajar dengan langkah mereka sendiri. Pembelajaran online berarti bahwa orang dapat belajar dengan kecepatan yang bervariasi, tergantung pada kemampuan mereka dan jumlah waktu yang mereka bersedia curahkan untuk usaha pembelajaran mereka.
9.     Membuat pembelajaran menjadi menyenangkan lagi
Guru kini dapat menggunakan video, animasi, dan bentuk konten lain untuk meningkatkan proses pembelajaran. Saat ini, dengan bantuan teknologi.
10.  Video Game
Simulasi masalah kehidupan nyata, video game dapat membawa perubahan perilaku pada siswa dengan membuat mereka lebih berorientasi pada tujuan. Model permainan tidak hanya menyediakan berbagai informasi tetapi juga memulai siswa untuk menjadi pemecah masalah.
11.  Pembelajaran Seumur Hidup
Masa depan teknologi dalam pendidikan juga tentang merevolusi pendidikan dengan menormalkan pembelajaran seumur hidup. Pembelajaran online adalah cara hebat untuk memfasilitasi masyarakat yang digerakkan oleh pengetahuan saat ini dan tuntutan berkelanjutan untuk pengembangan profesional berkelanjutan.
12.  Kelas tersedia online + live streaming
Sekolah dapat membuat saluran pribadi dan mengunggah video kelas di youtube, sehingga siswa yang sakit, dapat menontonnya dari rumah dan mengajukan pertanyaan secara real time.
13.  Bedakan tugas untuk menyesuaikan gaya belajar pribadi siswa
Para pendidik perlu menetapkan proyek seperti "menulis laporan buku menggunakan MS Word" atau "membuat tayangan slide di PowerPoint". Sekarang, siswa menerima tugas "buku laporan" dan membuat tekad mereka sendiri tentang cara terbaik untuk mengomunikasikan pikiran mereka, baik itu audio, visual, tertulis, musikal, video, artistik.

B.      Kesehatan

Masa depan dunia kesehatan tidak lepas dari teknologi digital. Kemajuan teknologi yang begitu pesat berdampak juga pada bidang kesehatan. Perkembangan teknologi berperan membantu para dokter dan praktisi kesehatan membangun mutu perawatan kesehatan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa contoh tren teknologi kesehatan yang akan terdapat di masa depan:
1.     Artificial Intelligence. Algoritma AI memudahkan pasien mendapatkan pelayanan dan bantuan medis secara cepat dan tepat. Begitu juga bagi tenaga medis, AI berperan mempercepat penanganan pasien, membantu menganalisa penyakit, bahkan meresepkan obat yang sesuai untuk pasien.
2.     Virtual Reality. Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang dapat menghadirkan lingkungan rill secara maya. Teknologi ini sangat berguna karena dokter dapat melakukan pemeriksaan pada pasien tanpa harus bertatap wajah. Tentunya hal ini sangat bermanfaat karena dapat menghemat waktu dan lebih efisien. Dalam bidang kesehatan, VR dimanfaatkan sebagai alat simulasi operasi bagi para calon dokter, selain itu juga dapat membantu dokter menentukan lokasi pembedahan pada tubuh pasien. 
3.     Augmented Reality. Augmented reality sering digunakan saat dokter melakukan pemeriksaan sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang dapat memberikan gambaran kepada ahli bedah tentang anatomi internal pasien.
4.     Healthcare trackers, wearables, sensors. Penggunaan healthcare trackers, wearables dan sensor yang biasa digunakan sehari-hari membantu pengguna memonitor kesehatannya secara mandiri. Teknologi ini dapat mengirim kondisi kesehatan seseorang seperti detak jantung, tekanan darah hingga kadar gula dalam darah. Informasi ini dapat diakses dengan sebuah aplikasi di smartphone atau device-device lain.
5.     Pengurutan genome. Teknologi pengurutan genome digunakan untuk mengetahui informasi mendasar tentang tubuh manusia meliputi kepekaan obat, kondisi medis multifaktorial atau monogenik dan mampu melihat riwayat medis keluarga. Data-data ini dapat digunakan untuk menentukan perawatan dan pengobatan yang efektif dan efisien untuk pasien.
6.     Robotik. Perkembangan teknologi robot merambah dunia kesehatan. Saat ini sudah ada sejumlah robot yang sengaja dibuat untuk memudahkan dokter mendeteksi, mengobati penyakit dan membantu merawat pasien. Mulai dari robot companions hingga robot bedah yang dapat digunakan untuk menjangkau bagian dalam tubuh manusia yang sulit dijangkau. Robot bedah tersebut berukuran sangat kecil dan dapat dikendalikan dengan menggunakan controller sehingga meminimalisir bahaya bagi pasien. Robot juga nantinya dapat diprogram untuk menyerang sel sel penyakit dengan melalui aliran darah pada tubuh. Robot ini memiliki berbagai fungsi seperti membantu terapi berjalan, mengobati masalah kesehatan mental hingga mengingatkan waktu minum obat. Robot-robot ini ditanami sensor sentuh, kamera dan mikrofon untuk memaksimakan fungsinya. Beberapa contoh robot dalam dunia kesehatan adalah Jibo, Pepper, Paro dan Buddy. 
7.     3D-printing. 3D printing dalam dunia kesehatan digunakan untuk mencetak jaringan hingga membuat kulit sintetis dan orang-orang dapat membuat bagian-bagian tubuh seperti kaki atau tangan sebagai pengganti bagian tubuh yang telah rusak dan terpaksa diamputasi.

C.      Transportasi

Kemajuan teknologi kian hari semakin pesat perkembangannya. Hal tersebut membuat hampir semua aspek kehidupan manusia menjadi terbantu dengan adanya teknologi modern, seperti dalam dunia transportasi. Begitu juga halnya dengan transportasi, semakin tahun makin inovatif dengan segudang fitur canggih. Berikut ini lima transportasi masa depan tercanggih.
1.     Driverless Car
Salah satu perusahaan yang tengah gencar dengan transportasi masa depan, adalah Google. Ide mereka adalah membuat kendaraan yang tak perlu dikendarai. Dengan menggunakan software canggih, sebuah mobil dapat berkendara secara otomatis tanpa perlu dikendalikan, atau yang disebut Driverless Car. Tak hanya Google, dari para pihak perusahaan otomotif juga tengah mengembangkan hal ini. Menurut perkiraan, mobil-mobil canggih ini akan beredar pada tahun 2020.
2.     Electric Plane
Tak hanya mobil ataupun kereta yang tengah ramai mengembangkan Eco Friendly Transportation atau yang disebut dengan kendaraan ramah lingkungan. Perusahaan pesawat Airbus juga tengah mengembangkan pesawat yang lebih cepat, lebih irit tenaga, dan ramah lingkungan, di mana nantinya pesawat akan ditenagai dengan baterai dan solar panel. Diperkirakan pesawat ini akan siap digunakan pada tahun 2050 nanti.
3.     Hyperloop
Jika baru akhir-akhir ini Indonesia tengah ramai dengan perbincangan pembangunan kereta cepat ala negara maju, ternyata perusahaan Tesla sudah melangkah lebih jauh. Mereka tengah mengembangkan Hyperloop nama untuk kereta super cepat buatan mereka. Konsepnya mirip dengan kereta api, bedanya Hyperloop akan menggunakan tabung sebagai pengganti rel. Kereta ini bahkan dapat mencapai kecepatan dua kali lipat kereta cepat, yaitu sekitar 1.000 Km per jam. Jika pengembangannya lancar, kereta ini dipastikan sudah dapat beroperasi pada tahun 2020. 
4.     Space Rocket
Masih ingat dengan Asgardia? Benar, proyek tempat tinggal di angkasa ini benar-benar banyak peminatnya. Inilah juga salah satu acuan bagi para perusahaan besar untuk membuat pesawat luar angkasa komersil. Percobaan telah beberapa kali dilakukan dalam pengembangannya. Menurut sebuah informasi, pesawat luar angkasa komersil akan siap beroperasi pada tahun 2018 ini. 
5.     Car Size Drone
Tren Drone Camera ternyata banyak menginspirasi teknologi lainnya, begitu juga dengan transportasi. Salah satunya adalah perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, Ehang, mengembangkan drone yang dapat digunakan menjadi kendaraan untuk manusia. Dalam event CES 2016, Ehang memperkenalkan Ehang 184, prototipe drone yang dapat ditumpangi manusia. Hebatnya penumpang cukup memasukkan tujuan, Ehang 184 akan secara otomatis menuju tempat yang dituju.

A.     Dunia Kerja

Dalam beberapa tahun kedepan jumlah peran unutk pekerjaan kantor, adminitrasi, manufaktur dan produksi menurut para ahli akan mulai menurun dan memperkirakan 6 juta peran akan hilang. Namun, peran bisnis dan keuangan bersama dengan komputasi dan peran matematika diperkirakan akan meningkat jumlahnya. Menusia tidak harus keluar dari pekerjaan, tetapi mereka mungkin mendapati diri mereka melakukan 2 atau lebih profesi yang berbeda. Diperkirakan bahwa 65% anak-anak di bawah usia 11 tahun hari ini akan bekerja di perkerjaan yang belum di ciptakan sekarang. Namun itu tidak selalu merupakan hal yang buruk, karena komputer di atur untuk mengambil alih banyak tugas yang saat ini masih dilakukan manusia.
1.     Otomatisasi Pekerjaan 
Semakin banyak perkerjaan yang mulai diotomatisasi, misalnya adalah mesin pemindai mandiri yang telah diterapkan di beberapa supermarket, dan dalam waktu dekat muncul mobil tanpa pengemudi menjadi hal yang biasa, sehingga pengemudi mobil tidak dibutuhkan lagi perkerjaannya. Diperkirakan robot dapat menggantikan 40-75 juta peran pada tahun 2025.
Pekerjaan yang mungkin akan hilang karena adanya AI adalah layanan pelanggan, admin keuangan, dan lain-lain. Bahkan saat ini di beberapa negara, orang dapat menggunakan pengacara robot untuk nasihat hukum dasar. Ada banyak argumen yang menyatakan robot dan AI akan menciptakan pekerjaan serta menghilangkan pekerjaan untuk manusia. Namun, menurut orang yang pro-AI menyatakan bahwa robot akan mengambil alih pekerjaan yang membosankan dan dapat dilakukan secara otomatis, sehingga manusia dapat melakukkan peran atau pekerjaan yang lebih penting.
2.     Modifikasi Pekerjaan 
Beberapa pekerjaan kreatif dikomodifikasi, dan meskipun tidak sepenuhnya diambil alih oleh robot dan teknologi, komodifikasi membuat prosesnya mudah bagi orang yang tidak trampil untuk melakukan pekerjaan yang sama. Perusahaan seperti Wix dan Canva adalah contoh yang bagus untuk ini.
Wix adalah perangkat lunak pengembangan situs web yang memudahkan siapa pun untuk membangun situs web. Meskipun ada beberapa batasan untuk cakupannya saat ini, yang berarti bahwa banyak profesional masih menyukai desainer web tradisional, itu mungkin berkembang dan berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Ini adalah contoh penting tentang bagaimana teknologi akan mengubah masa depan pekerjaan dan tren tempat kerja di masa depan, karena orang-orang yang sangat terampil mungkin merasa peran mereka berlebihan.
Canva adalah perangkat lunak desain grafis. Template yang dapat diakses pengguna memudahkan siapa pun untuk mendesain grafis, berpotensi menempatkan desainer grafis profesional keluar dari pekerjaan. Perusahaan tidak mungkin membayar seorang profesional eksternal untuk membuat grafik untuk mereka ketika seseorang di rumah dapat melakukannya sebagai bagian dari pekerjaan mereka.
Demikian pula, perusahaan seperti Uber dan Airbnb menyediakan pekerjaan atau setidaknya penghasilan tambahan untuk siapa pun yang memiliki mobil atau kamar cadangan.
3.     Bekerja Jarak Jauh 
Diperkirakan bahwa pada tahun 2025, 540 juta pekerja akan menggunakan situs web seperti Elance atau Freelancer untuk mencari pekerjaan. Lapisan demi lapisan pekerja kantoran sedang dilucuti, karena seringkali lebih murah untuk lebih produktif untuk mencari pekerjaan ini dari jarak jauh. Di masa depan, ini mungkin melihat jatuhnya kota-kota besar karena mereka tidak lagi diperlukan. Kantor bisa menjadi entitas virtual, dengan orang-orang yang bekerja dari komputer mereka di lokasi di seluruh dunia.
Alasan lain mengapa karyawan yang bekerja dari jarak jauh baik bagi pengusaha adalah bahwa, rata-rata, pekerja jarak jauh lebih bahagia daripada bukan jarak jauh. CEO Zapier membayar $10.000 kepada karyawannya di San Francisco untuk membujuk mereka agar bekerja dari jarak jauh dan mengklaim bahwa hal itu telah membantunya menciptakan bisnis senilai $ 20 juta. Meskipun tidak semua orang akan memiliki tampilan interaktif di rumah mereka, menggunakannya di kantor untuk melibatkan pekerja jarak jauh, memastikan mereka merasa menjadi bagian dari percakapan melalui aplikasi kolaborasi video berbasis cloud.
4.     Bekerja Bersama 
Pekerjaan jarak jauh tidak selalu berarti hanya bekerja dari rumah, juga, banyak orang mendapatkan energi kerja dari berada di sekitar orang. Ruang kerja bersama bermunculan di seluruh dunia dan bagus untuk freelancer dan pekerja jarak jauh. Sementara ruang kerja bersama merujuk pada orang-orang yang bekerja secara fisik bersama dalam proyek yang berbeda, istilah ini dapat digunakan untuk menggambarkan mereka yang bekerja online untuk proyek yang sama. Google Drive adalah alat kerja sama populer yang sudah digunakan secara luas. Dengan pengeditan waktu nyata, komentar dan saran, sangat mudah digunakan dan sudah biasa di banyak kantor di seluruh dunia. Bisa dibilang, ini lebih efektif daripada banyak orang berkerumun di satu komputer atau proyektor. Ada banyak tren kolaborasi perusahaan yang menciptakan atmosfir kantor bersama di tempat kerja masa depan. Slack adalah contoh yang bagus dari tren teknologi di tempat kerja yang bertindak sebagai alat brainstorming virtual(menyatakan pendapat secara maya), dengan cepat mendapatkan popularitas di tempat kerja. Menggunakan tampilan interaktif saat bekerja bersama sangat meningkatkan produktivitas. Tampilan yang berbeda dapat dihubungkan, artinya sekelompok orang di lokasi yang berbeda dapat mengerjakan hal yang sama.
5.     Tempat Kerja Berteknologi Tinggi 
Bagi mereka yang masih dalam peran pekerjaan dan kantor fisik, tampilan tempat kerja dapat berubah secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Beberapa contoh teknologi baru di tempat kerja seperti pengisian daya ponsel nirkabel dan peningkatan tampilan interaktif yang terus-menerus akan secara signifikan mengubah suasana.
Tempat kerja masa depan akan fokus pada kolaborasi bisnis dan memiliki lebih sedikit ruang kerja dengan tempat kerja yang lancar . Itu akan berada di suatu tempat di mana sekelompok orang dapat dengan mudah berkumpul untuk menyusun rencana bisnis dan menyelesaikan masalah. Di sinilah tampilan interaktif sangat penting, untuk membantu orang memetakan ide dan mencapai solusi dengan cepat dan efektif. Lebih banyak perangkat diharapkan mulai menggunakan kontrol suara seperti Siri atau Alexa dan pesan instan di kantor akan menjadi lebih umum. Augmented reality dan virtual juga akan mendapat tempat dalam bisnis global, dan kantor akan menjadi lebih global; hambatan waktu, ruang dan tempat akan dihilangkan.

Daftar Pustaka


Komentar