Manajemen Layanan Sistem Informasi

Manajemen layanan sistem informasi suatu metode pengelolaan sistem informasi yang mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan kualitas layanan sistem informasi yang memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam manajemen layanan sistem informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dengan kerangka kerja dan beberapa metode yang digunakan untuk perbaikan proses.

Metode yang digunakan Manajemen Layanan Sistem Informasi
1. Total Quality Management (TQM). TQM adalah strategi manajemen yang menunjukan kualitas pada semua proses dalam organisasi.
2. Six Sigma. Six sigma sangat berfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan dan memiliki tujuan untuk menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan menghilangkan biaya.
3. Business Process Management (BPM). BPM metode penyesuaian antara keinginan suatu organisasi dengan kebutuhan organisasi tersebut.
4. Capability Maturity Model Integration (CMMI). CMMI adalah suatu metode yang memberikan unsur-unsur penting dalam proses efektif bagi organisasi. Praktik tersebut dipublikasikan dalam dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditunjukan untuk berbagai bidang yang berbeda.

Kerangka kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
1. Information Technology Infrastructure (ITIL) adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi.
2. Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) adalah audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
3. Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah “perpustakaan” digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia dalam bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
4. Software Maintenance Maturity Model.
5. PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT.
6. Application Services Library (ASL).


Manajemen Layanan Sistem Informasi di website Wattpad
1. Tampilan Awal
Pada tampilan awal ini, wattpad menggunakan warna orange yang memberi kesan ceria tetapi website ini ini juga dapat memberikasn kesan simpel. Pengguna juga pada tampilan awal ini dapat mengetahui wattpad itu seperti apa, dan apa saja yang ada yang dapat digunakan oleh pengguna serta website ini dapat digunakan dalam 30 bahasa.
2. Tampilan Sign In dan Sign Up
Untuk dapat menggunakan website ini pengguna harus daftar akun terlebih dahulu. Akun tersebut nantinya dapat diakses melalui akun facebook atau akun google agar proses sign in lebih mudah.
3. Tampilan setelah sign in
Pada tampilan ini terdapat beberapa rekomendasi cerita pilihan berdasarkan genre yang sering pengguna baca, cerita yang paling digemari oleh suatu komunitas, ataupun cerita yang sedang populer saat ini.
4. Browse / jelajahi
Pada browse ini terdapat 24 genre yang tersedia di website wattpad. Tetapi dalam penjelajahan wattpad ini tidak terdapat batasan umur dalam mengakses beberapa cerita, sehingga memungkinkan beberapa pengguna dapat mengakses cerita yang tidak sesuai dengan umurnya.
5. Komunitas
Didalam komunitas terdapat forum dan The Watty Awards. Dalam forum sendiri terdapat beberapa jenis forum, ada yang berdasarkan genre cerita, dapat menemukan inspirasi dalam menulis cerita, multimedia design, ataupun yg lainnya. Dalam The Watty Awards terdapat program penghargaan tahunan wattpad yang berkomitmen untuk mengapresiasi cerita terbaik dari seleruh dunia.
6. Write atau menulis cerita
Dalam akun wattpad juga selain pengguna dapat membaca seluruh cerita dari berbagai negara dan bahasa, tetapi pengguna juga dapat menulis cerita baru yang nantinya akan dapat dibaca oleh pengguna lain atau hanya sekedar cerita untuk diri sendiri.
7. Profile
Dalam profile terdapat beberapa sub menu diantaranya my profile, inbox, notifikasi (pemberitahuan update beberapa cerita yang ada di perpustakaan pengguna), newsfeed, library (perpustakaan atau daftar cerita yang sedang atau akan pengguna baca), invite friends; pemilihan bahasa, help, pengaturan, dan keluar.
8. Tampilan membaca cerita
Dalam tampilan ini memberikan beberapa informasi cerita yang kita baca, diantaranya judul cerita, akun penulis, daftar isi, berapa pengguna yang sudah melihat suatu cerita, berapa like, dan berapa komentar dalam suatu cerita.


Daftar Pustaka
1. https://www.wattpad.com/
1. https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/

Komentar